Jakarta – Masyarakat dambakan pemimpin yang jujur dan tidak mementingkan diri sendiri atau kelompoknya. Keinginan masyarakat tersebut tercermin dalam hasil Riset Cirus Surveyors Group bertema “Mencari Pemimpin di Tengah Kemarau Calon Pemimpin’, Kamis (9/1) di Jakarta.

Direktur Riset Cirus Surveyors Group Kadek Dwita Apriani menjelaskan, hampir sebagian besar responden inginkan Indonesia dapat dipimpin tokoh yang jujur dan tidak mementingkan diri sendiri atau kelompoknya.

“Mayoritas responden atau sebanyak 58,6 persen memilih pemimpin yang jujur dan tidak mementingkan diri sendiri atau kelompoknya, 12,7 persen dipercaya dan mampu membuat perubahan dan 5,1 persen berpengalaman di pemerintahan,” kata Kadek.

Dalam survei, ketika masyarakat disodoran nama pemimpin yang jujur dan tidak mementingkan diri sendiri atau kelompoknya, munculah nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo sebanyak 31,3 persen, Prabowo 11,5 persen, Aburizal Bakrie 9,1 persen dan Megawati 6,2 persen.

Survei dilakukan selama 40 hari, sejak 20 November sampai 30 Desember 2013, dengan menggunakan metode multistage random sampling, dengan responden sebanyak 2.200 orang yang sudah memiliki hak pilih di Pemilu 2014.Sumber: Suara Pembaruan