Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Cirus Surveyors Group (CSG) merilis hasil survei mengenai pelayanan publik dan kondisi politik lokal dalam persepsi masyarakat Kalimantan Barat. Rilis tersebut diadakan di Lantai 5 Hotel Aston Pontianak, dengan pembicara Direktur Cirus Surveyors Group, Kadek Dwita Apriani dan Direktur Pusat Kajian Politik FISIP UI, Dr. phil Aditya Perdana, Minggu (27/08/2017).

Survei yang dilakukan Cirus Surveyors Group (CSG) diselenggarakan pada bulan Juli 2017 lalu menggunakan metodologi Multi Stage Random Sampling dengan jumlah sample sebanyak 100 PSU (Primary Sampling Unit) menyebar diseluruh Propinsi Kalimantan Barat.

Tingkat kepercayaan dalam survey ini adalah 95% dengan margin error sebesar 3 persen untuk menjaga tingkat akurasi dan presisi dalam survey di dllakukan respondent check dan quality control berlapis

Selain itu, Terdapat dua isu utama yang menarik untuk dicermati dalam temuan survey ini.

Pertama soal tingkat kepuasan masyarakat Kalimantan Barat terhadap peforma kinerja pemerintah provinsi Kalimantan Barat saat ini yakni, diatas 50% masyarakat menyatakan puas dan hanya sebagian saja yang menyatakan tidak puas Namun demikian masyarakat pada umumnya memiliki aspirasi yang sama soal perbaikan dan pembangunan jalan, hampir 50% responden menginginkan adanya perbaikan agar kualitas pelayanan publik kian memadai.

Isu selanjutnya ialah soal perilaku pemilih menjelang pilkada gubernur Kalimantan Barat 2018 mendatang.

Terdapat dua nama yang diyakini responden memiliki kemampuan untuk menjadi Gubernur menggantikan gubernur saat ini.

Kedua nama itu adalah Karolin Magret Natasha dan Sutarmidji, masing masing unggul dalam hal popularitas dan elektabilitas di mata publik Kalimantan Barat. 

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Cirus Surveyors Group Rilis Hasil Survey, Dua Nama Ini Populer Jadi Gubernur Kalbar!, https://pontianak.tribunnews.com/2017/08/27/cirus-surveyors-group-rilis-hasil-survey-dua-nama-ini-populer-jadi-gubernur-kalbar.
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari